CEO Notes 24 April 2021 – The Brave Zone

Tidak terasa kita sudah melewati 2 tahun dari terakhir saya menuliskan buah pikiran di blog resmi perusahaan ini, banyak sekali hal yang terjadi selama 2 tahun terakhir, yang walaupun tidak membuat perusahaan tumbuh, telah menguatkan kembali sendi – sendi mental dalam setiap individu di perusahaan ini.

Bagaimana tidak, dari gelombang demi gelombang perputaran personil, dari yang dikeluarkan maupun yang meninggalkan. Tidak dipungkiri, tiap tiap kejadian meninggalkan jejak yang selamannya tidak akan bisa dihapus dari ingatan dan kenangan yang ada. Ada yang manis, ada yang pahit.

Tetapi bila kita duduk, berpikir logis secara perlahan, maka kita semua dapat menyadari semua yang tejadi  di perusahaan ini, dimulai dan juga hanya karena gagal performnya personil yang ada di dalamnya sendiri. Yang mana setiap orang, berusaha menutupi kenyataan ini, berusaha seolah – olah ini bukan salah dia, tapi salah orang lain, dan seterusnya. Namun inilah kenyataan yang semestinya kita terima dengan dewasa. Untuk saya, maupun kita semua. 

Mungkin terasa mudah bagi kebanyakan orang, yang tinggal menuliskan sebuah email berjudulkan permohonan mengundurkan diri, dan angkat kaki ke perusahaan sebelah. Seolah memotong semua ikatan, kepercayaan, tanggung jawab dengan mudah.

Namun ada beberapa anak pemberani, yang ketika kebanyakan orang mengatakan “Masih kerja disana aja lo ?”, dia mengatakan tegas …. saya akan berjuang sampai akhir.

Ketika yang lain mengatakan “tinggal menunggu waktu bangkrut”, ada pemberani yang mengatakan saya tidak akan menyerah, sampai pluit akhir ditiup.

Ketika gulungan utang usaha datang hampir menenggelamkan semua, begitu banyak yang mengatakan “ini bukan urusan saya, saya tidak bertanggung jawab”, ada segelintir pemberani yang mengatakan saya akan bertanggung jawab penuh.

Hanyalah lewat ujian, kita bisa menemukan dan membedakan mereka yang pemberani, setia dan ksatria; membedakan mereka dengan yang licik, opportunis, pengecut dan penyebar fitnah.

Hanyalah lewat ujian yang berat, saya menemukan jati diri dan arah hidup, yang akhirnya mempertajam gambaran masa depan, visi untuk perusahaan ini juga.

Walaupun harus saya tarik seutas demi seutas, kepercayaan yang hilang dari klien, investor dan tim saya …. akan saya pintal perlahan sampai akhir. Karena saya tidak pernah kabur, saya akan tetap disini sampai akhir.

Walaupun harus bubur air yang menjadi makan siangku selamanya, akan saya lunasi serupiah demi serupiah kewajibanku, tidak akan pernah saya kabur, sambil menunjukan jari ke si A dan si B penyebab ini semua.

Walaupun banyak orang yang mengatakan ini tidak bisa diselamatkan, walau harus seorang diri, saya akan terus memastikan perusahaan yang saya bangun dengan keringat dan darah 15 tahun silam ini, bersinar kembali. once again, we thrive ! 

Disini adalah the Braze Zone, hanya untuk pemberani, pengecut skip aja !   

eddy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *