CEO NOTES : Memimpin

Pernahkah terpikir oleh anda, apakah itu memimpin ? orang bijak selalu berkarta orang itu tidak pernah “resign” dari pekerjaan dan perusahaan yang buruk … mereka hanya “resign” dari pemimpin yang buruk. Kata – kata ini selalu teringat dan hadir seperti cambuk setiap x ada yg resign dari emc. Lantas membuat saya terus berpikir apakah itu memimpin ?

  1. Memimpin itu bukanlah posisi
    Memimpin bukanlah tentang posisi, kenapa ? misalnya saja seorang anak SD (Bocah), dia anak bos, diangkat menjadi CEO sebuah perusahaan … apakah lantas semua orang akan mengikuti dan mendengarkan arahan bos baru kita ini ? artinya memimpin jelas bukanlah posisi, tidak peduli dirimu sekarang di emc adalah seorang manager ataupun CEO … leadership is not attached with your position at all.
  2. Memimpin itu bukanlah Jual Janji dan Jual Uang.
    Lantas apakah memimpin itu adalah menyodorkan sejumlah janji – janji kepada tim ? “bila dirimu kerja disini maka nanti 100 tahun lagi kamu akan saya berikan 1 pulau bidadari” … Jual janji adalah cara paling mudah memulai memimpin, ajak makan – makan, janjiin ini dan itu … namun bila waktu berlalu janjinya ga kunjung terwujud … maka orang akan mulai bertanya dan meninggalkannya, contohnya ? lihat aja kancah politik Indonesia maka dirimu akan mengerti. Artinya sebenarnya memimpin itu tidak butuh janji, juga sebenarnya ga butuh resource ( uang utk nawarin gaji tinggi, posisi utk nawarin jabatan tinggi ) … memang ini cara tercepat untuk membuat ilusi memimpin realita … dengan uang saya bisa membeli orang, dengan uang saya akan bisa membangun dream-team … namun apakah mereka akan mengikutimu krn uangmu (gaji yang dibayarkan), apakah mereka mau hanya sekedar janjimu ?
  3. Memimpin itu bukanlah delegasi
    Memimpin artinya memberitahu orang lain apa pekerjaannya, dan meminta dia mengerjakannya. Bila itu adalah memimpin, maka robot pasti adalah pemimpin yang paling baik di dunia ? kenapa ? ya toh cuma nyuruh-nyuruh apa, beri – beri instruksi aja … ya coba deh lakukan ini … ya cobadeh tantangan ini …. ya kamu bisa kerjain yah …. ya besok coba kamu handle aja … ya tolong dikejer targetnya yah … ya semua harus bisa yah. Tinggal direkam, dan di putar ulang di robot. Jadi jelas memimpin bukan juga playing boss.

Jadi apakah itu memimpin ? ini mungkin hanyalah secuil jawaban dari kepemimpinan itu sendiri, namun mungkin sudahlah luar biasa sulit utk dikerjakan … namun inspiratif untuk dikejar :

  1. Semua Pemimpin Hebat memiliki visi. 
    Soekarno mendambakan Indonesia bersatu menjadi 1 negara, saat semua orang saat itu bahkan belum pernah melihat Indonesia sebagai satu bangsa. Indonesia adalah contoh nyata wujud visi seorang anak manusia yang merupakan pemimpin hebat. Steve jobs sudah mendambakan Ipad di awal tahun 90an, Disney udah mendambakan film animasi 3d di tahun 70an. Mereka disebut orang gila di jamannya, semua adalah orang dengan visi yang melampaui jamannya.

    Apa sulitnya punya visi ? visi itu bukanlah mimpi atau khayalan … visi itu adalah hasil kreatifitas intelektualitas yang melebihi yang lain. Semua orang melihat apel jatuh, kenapa hanya Newton yang melihatnya dan menyadari gravitasi ? visi adalah melihat tidak dengan mata telanjang saja … tapi melihat dengan intelektualitas, jelas tidak semua manusia dilahirkan dengan ini. Jadi pemimpin hebat memang dilahirkan ( dan harus ditemukan ), mereka itu langka … walaupun banyak pasti yang ga agree with this, tapi yg saya maksud adalah pemimpin besar seperti Soekarno, Steve, Disney … mereka adalah manusia pilihan yang lahir dengan mata visi yang tiada duanya.

    Lantas apa gunanya pemimpin bervisi buat saya ? ikut manusia hebat seperti Soekarno berarti kesempatan survive kita makin tinggi, kesempatan kita mengamankan kehidupan ini lebih tinggi. By Nature kita akan selalu mencari kolam yang menawarkan keselamatan, dan pemimpin seperti ini menyediakan itu … Pemimpin seperti ini menawarkan kemenangan yang pasti.

  2.  Semua Pemimpin Standar mampu menyelesaikan masalah dengan indah.
    Ya mungkin kita bukan pemimpin hebat yang dilahirkan, tapi kita bisa mencoba menjadi Pemimpin Standar, yaitu pemimpin harus mampu menyelesaikan masalah – “Dengan cara yang paling indah” … semua orang bisa menendang bola, tapi berapa orang yang bisa memainkan dan menendang bola seperti C.Ronaldo ? semua orang bisa bernyanyi, tapi berapa orang yang bisa nyanyi sekonsisten Celine Dion ? itulah indah yang dimaksud.

    Pemimpin standar mampu menyelesaikan masalah lebih baik, lebih indah, lebih tepat dari orang rata-rata umumnya. Saat sebuah sungai deras mengalir … ada pemimpin yang meloncat menggunakan otot-ototnya untuk menyebranginya, namun tidak ada siapapun yang bisa mengikutinya …. namun ada pemimpin yang membangun jembatan dan membuat semua orang menyeberanginya. Inilah solusi yang indah, yang diberikan pemimpin. Setidaknya mengikuti pemimpin ini, kemenangan masih ada harapan.

  3. Semua Pemimpin Baru, menjaga orang lain yang mengikutinya. 

    Pemimpin baru adalah pemimpin yang menjaga orang di sekitarnya, walau mereka tidaklah briliant, mereka tidaklah luar biasa visinya … tapi layaknya ibu, memasak dan menjaga anak – anaknya … By Nature manusia akan mengikutinya. Dialah pemimpin paling sederhana tanpa modal yang ada… saat dirimu menjadi sahabat yg dituakan, saat dirimu dianggap sebagai tetua di genk mu … dirimu menjadi pemimpin level pertama ini. Walaupun pemimpin level ini, pemimpin baru tidaklah menawarkan kemenangan, mereka menawarkan ketenangan dan kenyamanan dahulu …

Memimpin adalah tentang menjaga yang lain, membuat keputusan yang tepat untuk yang lain, membawa semuanya ke kemenangan.

Filosofiku adalah “Less For Me, More For You, Enough For Everyone”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *