Empat Musim Kehidupan – Jim Rohn

Senang di townhall hari ini sudah bisa sharing kembali mengenai four-season dari guru motivasi yang paling saya kagumi Jim Rohn. Jim Rohn menggambarkan dengan indah bagaimana kehidupan kita bagaikan 4 musim yang tidak bisa dihindari :

  1. Musim Dingin
    menggambarkan masa – masa sulit, masa – masa tantangan tersulit datang menguji kita. Dan sering kali kita justru merasa kejayaan, kehebatan kita tidak akan pernah pudar. Padahal seperti semua bunga yang akan layu, maka semua hal di dunia juga akan memudar, bisnis yang berjaya bisa menjadi tidak relevan, skill yang luar biasa tiba – tiba menjadi tidak dibutuhkan lagi. Maka kita harus selalu siap, suatu hari nanti kesulitan akan datang dan kita semua menjadi tidak relevan lagi
  2. Musim Semi
    adalah ilustrasi dari kesempatan. Kesempatan itu datang sesekali, dan tanpa kesiapan, keberanian dan kecerdasan untuk melihatnya – karena terkadang kesempatan itu tidak akan datang dalam wujud yang jelas – karena mereka akan datang dalam wujud yang berbeda … terkesan meragukan, dicela orang, dan lainnya. Tapi hanya mereka yang berani, kuat, dengan visi mengambil selangkah lebih awal dari siapapun untuk seize the moment dan menanamkan benih di musim semi ini. Seseorang yang akhirnya mengambil keputusan untuk belajar lebih, mengambil lebih tanggung jawab.
  3. Musim Kemarau
    adalah musim cobaan pada kebun yang sudah kita rawat dengan hati – hati sepanjang musim semi. Matahari yang terik, kekeringan, wabah hama semua datang menyerang semua usaha yang sudah kita semai. Sama seperti semua usaha keras untuk belajar hal baru, bekerja tekun, yang akhirnya mulai berbuah seseorang menjadi manajer ? menjadi supervisor ? maka akan muncul gunjingan … muncul tantangan baru yang tidak kita kuasai …. muncul tanggung jawab berat yang biasa tidak dipikul.
  4. Musim Panen
    Adalah masa ketika semua kesulitan dilalui maka hasil akan terlihat. Mungkin musim panen ini akan tiba cepat / tiba sangat lambat … namun mereka yang persistent akhirnya akan tetap menuai hasilnya.

Hidup tidaklah tidak mungkin tanpa 4 musim, hidup pastilah terus berubah … pada saat kejayaan janganlah sombong, saat dibawah janganlah putus asa.

Dunia akan menjadi lebih baik, selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *